Saturday, September 20, 2008

baru pulang dari diskusi filsafat di UNPAR

saya menemukan teori ini bisa menjadi semacam panadol untuk rasa sakit kepala saya sekarang.
Teori Proyeksi ini bilang, kalo
"sebenarnya, kita meng attach secuil diri kita pada setiap realitas yang kita tangkap di sekitar kita"
"apa yang kita pikir realitas yang terjadi di sekitar kita sebenarnya tidak lain tidak bukan adalah secuil proyeksi diri kita sendiri"
lalu pastur yang memberi kuliah malam itu mencontohkan,
"kalau kamu bilang ke orang-orang, 'Monyet lo!', sebenarnya itu ya berarti dia sendiri yang monyet..manusia kok bisa melihat manusia lain yang sejenisnya seperti monyet, ya berarti kan dia sendiri yang monyet.."
lalu semua peserta kuliah tertawa. termasuk saya.

jadi,
we ARE what we SAID?
sah? sah? sah, saudara-saudara sebangsa dan setanah air?


*kuliah dan perkataan dikutip dari DR. Simon Petrus L. Tjahjadi
TEORI PROYEKSI
oleh Sigmund Freud.
yang kemudian melandasi dan menjelaskan gagasan Ludwig Andreas Feuerbach dalam menjelaskan teorinya tentang Atheisme dan keberadaan Tuhan. menurut Feuerbach, tuhan itu tidak lain adalah Proyeksi dambaan dan cita-cita ideal manusia.

reality show di dalam sebuah show: gosip.

"bangsat!
bajingan!
setan alas!"

Bawang Merah mengumpat dengan hati yang sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

"bajingan!
bedebah!
brengsek!"

umpatnya lagi. ia tidak tau apa kesalahannya sehingga seluruh anak kecil Indonesia yang selalu nonton TVRI dan makan CHIKI, dengan pergaulan masa kini dan merasa paling hepi, menaruh padanya banyak sekali ucapan benci.

"setan alass!!"

bukankah semua setan di ikat selama bulan puasa? lalu apa mereka?
Bawang Merah masih tidak habis pikir, kenapa banyak anak mencibir nyinyir!

"Apa salah saya, setan!"

Bawang Merah mengumpat dengan hati yang sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

di kejauhan, televisi menayangkan acara paling fenomenal dan favorit di dunia Bawang Merah.

"SEJHATINYA, Bawang Merah selalu berbuat jyahat terhadap Bhawang Putih! Setidaknya ITUlah yang selalu diceritakan tanpa tedeng aling-aling, oleh buku cerita anak-anak! APAKAH,,ada konsspirrasi disini, yang melibatkan rencana pelecehan nama baik Bawang Merah?
AKANKAH bawang merah membawa kassuss ini, sampai ke meja hijau?
BAGAIMANA tanggapan kerabat dan kolega BAWANG MERAH dan BAWANG PUTIH??
jangan beranjak, dan saksikan terus KEBENARAN dari fenomena ini, bersama saya, hanya di S(u)IKAT! *baca: sikat dengan memonyongkan bibir membentuk huruf U saat mengucap "SI"* di TE (jeda sebentar) VE ER I (V R I dibaca cepat), persembahan dari TEPUNG BERAS ROSEBRAND dan BEDAK TABUR RODECA!"
*JINGLE tepung beras rosebrand masuk*
"Tepung Beras Rosebraaand"
*JINGLE bedak rodeca masuk*
"Tabur tabur Rodecaaaa..bedak kulit keluarga andaa..RODECAAAA.."

"..."

hening sudah tidak ada umpatan.
apakah Bawang Merah sudah pasrah dan tawakal mengingat ini bulan puasa?

"..."

hening.

hati Bawang Merah sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

asalammualaikum?
tidak ada jawaban..

hati Bawang Merah sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

"..."

masih hening.
mari kita tilik.

Wow! ternyata Bawang Merah sudah menjadi Bawang Goreng!
nyam nyam nyam..
saya Siska Aroma, mari bersantap, pemirsa!

Friday, September 12, 2008

serba serbi miti

1. waktu kelas 6 es de tergila-gila sama Ollie Jacobs, vokalisnya Arkarna!
gara-gara diajakin nonton konsernya Arkarna sama sepupu-sepupu, padahal waktu nonton masih blum terlalu tau ini nonton apa, tapi setelah merasakan panassnya panggung Arkarna, langsung jadi Fans sejati..dari mulai pin up majalah kawanku, majalah gadis, kliping artikel, sampe guntingan foto diatas kertas koran berwarna hitam putih yang senantiasa ada di dompet dan terkumpul rapih dan terdokumentasi di dalam sebuah map

2. sangat bersyukur terlahir mewarisi sebagian darah Jawa dan berharap di kehidupan lalunya berprofesi sebagai sastrawan Jawa yang tingal di Istana..khahahahahahaha

3. ga suka di tinggal atau merasa di tinggal
mungkin ga mawu kalah bisa masuk juga di kategori yang ini. yang jelas, saya ga suka ditinggal, apalagi ditinggal yang lainnya udah lulus duluan saya bluuum..

4. benci laki-laki waktu es de
menurut ibu saya waktu saya es de, laki-laki itu makhluk menyebalkan yang suka iseng dan kalo saya di isengin, saya ga boleh kalah, dan harus berani berantem. jadi aja saya sering berantem sama laki-laki waktu es de..berantem dalam arti mencengkeram kerah baju, meninju, menampar, dan menendang..ck ck ck..khaha, malu kalo di inget sekarang..

5. menyukai bebauan apapun itu yang keluarnya dari tubuh sendiri
khahaha,,bau apapun..APApun..kentut, keringat, kepala yang blum dicuci, khehehehehehhe

6. suka ke supermarket
apalagi kalo lagi sedih, ga semangat, dan bosann,,walaupun ga beli apa". tapi seneng aja liat warna warni di superarket berikut hiruk pikuk bermacammacam orang nya

7. i'm a territorial freak
sedang berusaha mengontrol dan mengendalikan itu, tapi kadang ga gampang

8. yup, sama kaya Dimas yang dengan baik hati nya membuat gw harus menulis ini semua, (ga sampe seminggu kan diiimmm..) saya sangat mudah tertidur,,apalagi kalo lagi ngantuk, dmana aja kapan aja, i could easily fallen asleep :] i believe it's a gift!

9. susah banget bales SMS
saya perlu menghentikan semua kegiatan yang sedang saya kerjakan dulu sebelum pada akhirnya saya bisa membalas SMS. dan karena itu lah saya ga terlalu suka membalas SMS, apalagi kalo yang ga emergency

10. selalu membawa apapun di dalam tas sampe overweight
suka sebel kalo merasa "tu kaaan, coba kalo tadi dibawaaa.." jadi aja tas saya penuh dengan barang yang ga terlalu penting dan bikin berat

baiklah demikian adanya memenuhi kutukan lanjutan dari Dimas Ario, bagaikan bermain tak patung atau tak jongkok..berikut orang-orang yang saya tepuk:

kakaknyah
ucay
nanachi
anggun
mba Dan
nur
eca!
ela
arab
debi