Monday, January 21, 2019

Membuat Paspor di Bandung Tahun 2019

Hahahhahaha judulnya click bait banget ya 😝
engga tapi tulisan ini bukan dalam rangka naikin jumlah visitor kok 😆 ini berbagi pengalaman siapa tau ada yang perlu bikin paspor.
..
..
..
nomer 6 bakal bikin kamu melongo!

😝😝

hahahaha engga, engga, ampun ampun! yuk ahh mari kita mulai!

1. Sebelum apapun..mulailah dengan mendapatkan nomor antrian untuk melakukan proses permohonan buat paspor.

Tapi sebelum itu jangan lupa bilang Bismillahirahmanirahim.
Soalnya susahnya minta amplop (abis gajian)!
Terakhir saya bikin permohonan paspor itu tahun 2012 via website imigrasi, dan prosesnya mudah banget. Kali ini saya tertegun berkali-kali. Dan seringkali bertanya-tanya, "mengapa begini, mengapa begitu?" #YouSingYouAreOld HAHAHAHA
Baca-baca di internet, sekarang kalo mau daftar antrian itu buka website di alamat antrian.imigrasi.go.id
Begitu masuk kita akan diminta untuk sign in, jadi kalo blum terdaftar ya harus bikin akun dulu, sign up, daftar. JADI perjalanan saya dimulai dari membuat akun di laman website antrian imigrasi.

oya, sebenernya udah ada aplikasinya, layanan daftar nomor antrian ini, tapi baru ada di android.

Lanjut!

Waktu berusaha sign up saya sudah mendapat kesulitan. Sign up ini diminta data username dan alamat email. Berkali-kali waktu saya masukkan nama saya dan alamat email, saya dapat notifikasi tidak berhasil, ada suggestion yang menyatakan semacam, username atau email sudah terpakai kalau ga salah. Yang mana engga sih, belum pernah sekalipun saya mendaftar, karena terakhir di tahun 2012 itu ga pake sign in begini. Tapi untuk memastikan, okelah, saya check inbox email saya. Dan benar kok, belum pernah ada notifikasi saya sudah terdaftar. Karena mudah marah (mungkin karena saya lapar melulu),


(ilustrasi instagram @perempuangimbal)

akhirnya supaya tidak berlarut saya istirahatkan dulu urat emosi saya.

Sambil istirahat saya cari-carilah, cari gara-gara, bukan, cari cemilan, sambil cari jawaban, jawaban atas pertanyaan hidup saya.
Ternyata dari salah satu artikel yang berhasil saya ubek-ubek di arsip internet, ada yang bilang username itu harus GABUNGAN HURUF DAN ANGKA. BHAAAAYIQUE. Ingin rasanya kuberkata pada website imigrasi, "Ah elah THONG! Bilang apah!"
long story short, akhirnya saya, "Berhasil, berhasil, berhasil, hore!" (#YouSingYouLoose) tapi jalan masih panjang. Begitu berhasil sign up, nanti akan dapet email konfirmasi di email tedaftar.

UPDATE: barusan saya check website antrian.imigrasi.go.id udah ga ada opsi sign up/daftar, tapi jadi ada opsi "sign up with google" atau "masuk dengan facebook" -______- ini 3 minggu yang lalu belum ada. Mungkin minggu depan, InsyaaAllah akan ada opsi "masuklah dengan Assalamualaikum"

UPDATE lagi: barusan banget saya iseng mau masuk lagi dengan akun saya yang sudah terdaftar, yu no wat, ENGGA BISA DONG. Saya coba sampe 3 kali, begini katanya:



padahal sing sumpah, saya udah terdaftar, bahkan ada di email saya konfirmasinya 😭
au ah. untung udah dapet paspornya. Ga ngerti ini yang bisa pakai mungkin yang sabar banget atau yang suka nyetir motor matic sen kiri tapi belok kanan; yang level improvisasinya udah maha.

2. Setelah bisa masuk ke laman website antrian, buatlah janji.

Tentu buatlah janji yang bisa kau penuhi. "Janjikuuu, kepadamu..", lantun Paramita Russady yang berperan sebagai Nada, sang anak yang wajahnya sama persis seperti sang Ibu. Mungkin proses lahirannya membelah diri.

Dimulai dengan mencari kantor imigrasi di kota tempat anda hendak melakukan proses permohonan paspor.
Kembali, disini saya menemukan kesulitan, karena semua tanggal unavailable, bahkan sampe tahun depan sekalipun. Iseng banget saya memang, saya klik terus, kolom tanggalan sampe 12 kali, sambil emosi berujar, "astaghfirallah..", ajaran mas Boy.

Kembali daripada emosi, saya cari-cari. Cari kerjaan, sambil cari jawaban, atas permasalahan hidup orang. Ketemu jawabannya dari twitter @ditjen_imigrasi. TERNYATA update pilihan hari untuk wawancara hanya bisa diakses pada hari minggu kuturut ayah ke kota naik delman istimewa setelah jam 17:00. Bhaaaaayique.

3. Nunggu hari minggu jam 17:00

Selamat menunggu, kata Ibu Tirinya Rapunzel yang jahat, Gothel, di film Tangled (2010), good things happen to those who wait. yea, right.

4. Berebut nomor antrian, virtual.

Datanglah hari yang ditunggu-tunggu. Karena kelupaan, ya namanya hari minggu ya, waktunya rangorang sante-sante ya, saya baru log in jam 18:00an. Tapi masih ada yang available nih, tanggalannya. penampakannya si tanggalan kalo available jadi item warnanya.

ok, saya berhasil klik tanggalnya.
ok, saya diminta milih mau siang, atau pagi. Sudah saya pilih.
ok, saya diminta kembali memasukkan nama dan nomer KTP yang hendak mendaftar. masih masuk akal lah ya.
next.
"apakah anda yakin data yang anda masukkan sudah benar?"
"Teguh! Hati ikhlasku penuh. Akan karuniaMu."
next.
"Mohon menunggu, permintaan sedang diproses..."
...
...
...
selama 
satu
jam
ke depan
tak
ada
yang 
terjadi.

5. Bersabar adalah inti...sari
Berebut nomor antrian, virtual (part 2)

Minggu depannya saya kelewat lagi, tapi minggu ketiga dari jam 15:00 saya udah stand by. me nobody knows the way it's gonna be #YouSingYou90s
jam 17:00 persiss saya log in dan  mulai milih kanim, pilih tanggalan, DAN! Masih belum ada yang available.
15 menit kemudian. belum. Saking mau nangisnya saya akhirnya ngetwit ke ditjen_imigrasi. tapi ga digubris. mungkin karena follower saya cuma segelintir.
saya harus pergi karena ada urusan mendadak. untungnya ga dangdut.
Tapi bhayklah, demi gengsi karena sudah meniupkan sangkakala perang terhadap diri sendiri untuk bisa mendapatkan nomor antrian, di sela-sela sebelum kepergian saya follow semua akun ditjen imigrasi. twitter. instagram. yang nasional. yang bandung. yang lek.

pukul 19:00
Di tempat destinasi kepergian, saya sambil buka laptop dan terus pencet-pencet. Kali ini saya gigih. maju. bagai pasukan Bung Tomo menggempur pasukan Belanda di Surabaya berbekalkan bambu runcing.

Sebenernya opsi tanggalnya sudah terbuka sebelum jam 19:00 itu, tapi prosesnya berulang seperti dua minggu lalu, saya diminta menunggu, tanpa ada konfirmasi apa-apa. Kenapa PHP kamutuuu..pizahatpeliperi. gmz maz! *sambil cubit pipi kecil, sedikit pake kuku, seandainya imigrasi punya pipi.

pukul 19:15
Saya mulai pustus asa. Dapet sukur, engga yaudahlah. Semoga aloh gusti sing mbales.
Sambil iseng, saya nyampah aja. Jadi alih-alih saya nurut suruh nunggu, saya anarkis aja, pencet lagi, pencet lagi. Pilih tanggal lain. Cobain opsi pagi. Cobain opsi siang. Lagi pindah tanggal. Pindah waktu daftar. Balik lagi ke tanggal yang satunya. Sambil ngobrol. Sambil ketawa-ketawa...miris. Sambil misuh-misuh. Sambil ngegaring. Sampe kering. Sambil dapet.
WAT.
DAPEEETT!! HAH! EAT THIS! IN MY FACE! *joged joged sinchan

6. KONFIRMASI. KONFRONTASI. KONMARI.

Setelah berhasil dapet nomor antrian ternyata nanti dapet notifikasi semacam "Permohonan berhasil" gitu, alih-alih "Mohon menunggu, permintaan sedang diproses..", langsung, ga pake suruh nunggu dulu.

Jadi kalo situ daftar terus dapet notifikasi suruh tunggu, jangan nurut. Kayanya pemerintah itu defaultnya emang jangan diturut *false conclusion.

nanti GA AKAN DAPET NOTIFIKASI DI EMAIL ya, again, jangan ngarep dengan buka-buka email. Kalo beneran dapet nomer antrian, nanti konfirmasinya ada di website itu, di akun sampeyan, tapi di tab "status permohonan" apa "daftar permohonan" gitu, saya lupa, soalnya ini mau sign in UDAH GA BISA. Ganti ketentuan buat bikin akun lagi, ga ngerti kenapa. sampah.

7. Tinggal dateng ke kantor Imigrasi sesuai tanggal janji, bawa persyaratan bikin paspor.

Dokumen yang harus dibawa saat membuat paspor:
- eKTP dan fotokopiannya (kalau belum jadi eKTP nya bawa surat keterangan rekam eKTP, biasanya minta di kecamatan),
- akte lahir dan fotokopiannya,
- KK dan fotokopiannya,
- paspor lama dan fotokopian lembar pertama dan terakhir, kalo ada paspor terdahulu yang terlambat diperpanjang atau mau ganti alamat sesuai eKTP.
- oh sama siap-siap bawa/beli materai 6000an. 1 nanti diminta, 1 lagi nanti pas ambil paspor baru, kalo mau minta lagi paspor lama-nya.

Simpulan

Udah sih, gitu aja kalo mau bikin paspor. Sebenernya kalo udah dapet nomor antrian, proses bikinnya nanti di kantor imigrasi gampang banget, cepet pula. Mesti panjang sabar aja sih proses onlinenya soalnya suka berubah-ubah ketentuannya, terus teknologinya bikin sering melotot sambil urut dada. kan. sambel.

yaudah ya, udah panjang, saya mau ngerjain kerjaan yang lain dulu. Selamat semangat!

1 comment:

  1. Thank you sharing teh... Sangat membantu... Soal bikin akun waktu saya malah keterangannya username tidak valid, padahal bek pernah bikin akun. Masuk pake FB gak bisa, lewat google jg gak ada email masuk. Wallahu'alam setelah bikin akun pake HP tiba2 bisa.
    Saat milih tanggal janjian juga sama, gak bisa2. Sampai2 iseng nyoba buka tengah malem tetep gak busa. Ternyata ppenyebabnya adalah tanggal baru bisa dipilih pada hari Minggu jam 17.00 ya... (Apa susahnyasnyantumin keterangan ituisi petugas imigrasi agar udahorang garbisa lebih mengerti), 4 hari nyoba teu bisa wae... Oke,, saya akan tunggu sampai hari Minggu jam 17.00

    ReplyDelete

mati, hilang, dan kehilangan

Hari ini salah satu kawan saya berpulang, setelah sekian bulan, tidak hanya ia tapi juga istri dan anak satu-satunya berjuang melawan sakitn...