Sunday, December 21, 2008

balada angkot ungu yang ngetem melulu dan sepasang anak kembar

di minggu pagi, di pertengahan perjalanan waktu naik angkot ungu yang ngetem melulu, menuju simpang dago, naiklah dua orang lelaki sebaya dengan setelan mahasiswa. setelan mahasiswa itu dalam artian berpakaian T-shirt, jeans, dan tas ransel. setelah saya perhatikan sekilas, ternyata, MEREKA KEMBAR! ya ampun, manis sekali, anak kembar naik angkot bareng. sesampainya di simpang saya turun, nyebrang, dan lanjut naik angkot ijo yang jalannya lelet kaya kebo. dan ternyata anak kembar ini naik angkot yang sama! khaha. tapi ternyata saya harus turun duluan. dan beraktifitaslah saya pagi itu sampai siang. lalu pulang dengan angkot ungu yang ngetem melulu di depan kebun binatang. jalanan macet. sampai bawah cisitu, angkot ungu yang ngetem melulu berhenti. naiklah dua orang laki laki sebaya dengan setelan mahasiswa. setelan mahasiswa itu dalam artian berpakaian T-shirt, jeans, dan tas ransel. setelah saya perhatikan sekilas, ternyata, MEREKA KEMBAR! ya ampun, ini anak kembar yang tadi pagi!

Friday, December 19, 2008

Mary Poppins

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Classics
supercalifragilisticexpialidocious!
film ini ABSURD! khahahahahahaha. tapi film ini menyenangkan sekaliiii, kamu tauuu? :D
sangat menyenangkan!

kenapa menyenangkan? karena..

film ini tentang melakukan hal-hal menyenangkan yang tampak mustahil seperti masuk ke dunia gambar dan berjalan-jalan di dalamnya, keluar melalui cerobong asap menuju atap rumah lalu berjalan-jalan di atap rumah orang-orang, bermain bermain dan bermain, bernyanyi, menari, melayang, bertemu orang-orang menyenangkan yang sama anehnya. huhuhuuu menyenangkan sekalii.

ide-ide absurdnya bagus sekalii. sangat imajinatif. they could do ANYTHING and play! entah kenapa tapi saya membayangkan Michel Gondry mungkin juga suka film ini karena ada adegan menjelajahi dunia kartun dengan kuda-kuda mary go round yang keluar dari wahananya, seperti salah satu adegan di film Science of Sleep, waktu tokohnya berkelana dengan boneka kuda dari bahan goni dan bermata kancing.
Roald Dahl juga mungkin suka. Mary punya bahasanya sendiri yang aneh, seperti tokoh-tokoh di cerita anak-anaknya Roald Dahl. Mary membahasakan perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dengan sebuah kata, yaitu: supercalifragilisticexpialidocious! :D
Super… calif… ragilistic… expiali…docious
begini deskripsi dari kata supercalifragilisticexpialidocious menurut Mary Poppins:
Michael: That's not a word!
Mary Poppins: Of course it’s a word. And unless I’m very much mistaken, I think it’s going to prove a rather useful one. (singing) When trying to express oneself, it’s frankly quite absurd to leaf through lengthy lexicons, to find the perfect word.
A little spontaneity keeps conversation keen you need to find a way to say precisely what you mean. Supercalifragilisticexpialidocious, even though the sound of it is simply quite atrocious, If you say it loud enough, you’ll always sound precocious, Supercalifragilisticexpialidocious!

Mary Poppins barangnya aneh-aneh dan keren. dia punya bottomless carpet bag! dari situ dia bisa mengeluarkan gantungan mantel, satu pot tanaman hias, baju, sepatu, cermin segede ha-ho. seperti kantong ajaib doraemon. dan Jane dan Michael (anak-anak yang diasuh Mary) bingung gitu pas Mary ngeluarin barang-barang itu dari tasnya. seperti reaksi bingung orang-orang di film dono kasino indro waktu orang-orang satu RT keluar dari satu mobil yang sama. khahahahahahahha.

terus setiap jam 8 pagi dan jam 5 sore (kalo ga salah) ibunya Jane dan Michael selalu, selalu, dalam kondisi apapun, lagi di tengah makan atau ngomong sama suaminya sekalipun, dia akan waspada, siap sedia dan teriak "POST!" sambil lari-lari ke depan lemari, diikuti dua orang pelayannya, yang satu lari ke depan piano, yang satu ke depan rak vas, karena apa? karena dalam hitungan mundur 5 detik rumah mereka akan "bergetar" akibat dari bertetanggaan dengan rumah tentara yang secara rutin meledakkan meriam di atap rumahnya, dan mereka dengan cekatan dan sudah biasa menangkap gelas, piring, atau vas bunga dengan kakinya, mendorong piano, atau menggebrak dinding dan semua pigura kembali di posisi yang presisi. kocak. agak mengingatkan gw dengan adegan "lari-lari panik" di srimulat. khehe.

ada satu tokoh, kocak abis, namanya Uncle Albert. Uncle Albert ini sukaa banget ketawa, hobinya ketawa, dan setiap ketawa dia melayang! khahahaha, aneh! jadi dia melayang-layang gitu kalo ketawa, sampe kejeduk-jeduk langit-langit. "kasus" terakhir dia melayang ga bisa turun sampe 3 hari, according to Mary Poppins herself. oia! mereka juga membahas bermacam-macam jenis ketawa, khehe, dan itu lucu.

dan banyak lagi adegan-adegan yang membuat saya senyum-senyum sendiri waktu nonton dan film ini sukses bikin saya ga tidur sampe pagi.
ceritanya? ya ceritanya si sama seperti buku Mary Poppins pada umumnya lah ya, bisa cari sendiri.
Disney regarded "Mary Poppins" as one of the crowning achievements of his career. Film musikal klasik Disney ini release taun 1964. based on P.L Travers serial books. dan di jamannya film ini hebat banget karena visual effect nya, seperti adegan yang menggabungkan orang dengan animasi, adegan melayang-layang, adegan minum teh melayang, adegan jalan-jalan dan menari-nari menjelajahi atap atap rumah orang, de el el.

Mary Poppins diperankan Julie Andrews, dan temannya, Bert, yang humoris dan konyol, diperankan Dick Van Dyke.

Wednesday, December 17, 2008

tolol

pernah ga, berada ditengan keadaan:
kamu mendengar dan merespon keadaan sekitar, tapi di saat yang sama kamu lagi membiarkan mata dan pikiran kamu fokus untuk melihat satu titik. yang lain blur. mengawang. dalam keadaan bengong tapi responsif. melamun tapi fokus. pikiran kosong tapi bisa menjawab spontan.
keadaan itu bisa berlangsung beberapa puluh detik. mungkin itungan menit. dan saya menikmati moment itu.

nah, di saat itulah obrolan dibuka.

kami duduk di sebuah meja pendek di pinggir jalan. menunggu makanan yang kami pesan disajikan.
saya sedang fokus ke sebuah titik jauh mengawang, di sebuah area tengah, ke arah jalanan.

semelekete:  "sate kulit enak banget deh! lo ga makan kulit ya?"

saya           :  "ngga."
maseketehe:  "yang enak itu kulit itu.."
saya           :  "kulit babi."
maseketehe:  "engga! babi itu yang enak kupingnya"
saya           :  "ga suka babi"
semelekete:  "ngga yang enak itu kuping kambing! tadi gw makan kambing ditraktir!"

saya yang ga suka kambing dan baru-baru ini overdosis mencium aroma gule kambing dan nasi kebuli dengan spontan bereaksi.

tanpa suara.
hanya mimik wajah dan gestur.

secara tiba-tiba mengeluarkan reaksi spontan dan kembali ke gestur dan mimik normal.

mimik wajah dan gestur yang cuma sekian detik itu adalah sebagai berikut:
kedua pundak terangkat, bersamaan dengan lidah menjulur keluar, bibir melengkung ke bawah, dan mata menyipit.

dan di beberapa detik yang singkat itu sebuah mobil kijang atau panther (saya lupa) melintas dengan jendela sang supir terbuka penuh, dan pandangan sang supir TEPAT melihat ke arah saya.

DANG!

saya kaget, lamunan buyar dan saya ga bisa nahan malu ngumpetin muka, takut juga kalo dia muter dan balik lagi.
seingat saya, kalo ga salah, sang supir adalah bapak-bapak dengan kumis tebal a la pak raden.


si bapak itu mikir apa ya?

Klinting

"Klinting.."

Suara dentingan itu sayup terdengar saat Si Kijang berlari melewati pepohonan, berpacu dengan sang angin. Mendengar suara berdentingan itu ia terhenti, dan berbalik.

Pada dahan sebatang pohon, benda itu terikat dan tergantung, tinggi di atas. Terdiri dari beberapa batang tipis yang berpotongan rapih dan berwarna seperti bulan saat pucat. Tetapi dalam terang siang sinar matahari, warnanya akan memantulkan kilau. Menyilaukan terkadang. Bukan coklat seperti batang dahan pohon, warnanya. Tidak kasar seperti batang dahan pohon juga, bentuknya. Terlalu kecil dan bersih. Dan saat sang angin menyapu dan menyapanya, maka ia akan berbunyi. Berdenting.

"Klinting.."

Begitu terdengarnya. Dan Si Kijang tidak pernah bisa mengacuhkan bunyi itu begitu saja. Ia pasti akan berhenti berlari, dan menghampiri dahan pohon tersebut. Menengadah dan mengamati benda yang menghasilkan bunyi itu. Ia selalu menyukai bunyi-bunyi dentingan itu. Selalu suka. Terkadang saat menengadah, matanya harus memicing karena batang-batang kecil itu berkilau memantulkan cahaya matahari, atau cahaya matahari itu sendiri langsung menerobos menghujam tanah yang tidak terlindung bayangan dedaunan. Tetapi sekali matanya terbiasa memicing menatap benda itu, ia juga bisa melihat dan merasakan bayangan dedaunan yang jatuh pada sebagian kepala, tanduk, dan badannya, sambil menunggu sampai sang angin kembali membunyikan benda itu, menunggu sampai benda itu berdenting lagi. Sekali atau dua kali.

"Klinting.."





*bayangkan kamu akan memasuki sebuah hutan.
saat kamu sudah memasuki hutan itu, tiba-tiba terdengar langkah dari arah belakangmu.
lalu kamu menoleh ke belakang.
hewan apa yang kamu lihat?



Wednesday, November 26, 2008

sore ini berbincang dengan Kodi

Kodi: "kadang sewaktu mawu mengabadikan sebuah objek secara super close up (dalam Auto Focus mode ya), dan susah sekali fokus, susah sekali, aku harus sejenak mencoba fokus jarak jauh atau sekedar fokus pada benda-benda kecil sekitar dengan berbagai jarak dulu..sebentar..setelah itu baru bisa fokus sama apa yang ada di depan dan sangat dekat jaraknya.."

saya: "ah, ga semua kamera kayak gitu ahh,,kamu aja kali, Kodi,,"

Kodi: "iya ya?hoo..yaa..kamera kan beda-beda..tapi aku tipe kamera yang seperti itu.."

*Kodi itu masuk dalam famili kamera, genusnya kamera digital, species nya kodak


definisi nostalgia

apa definisi "Nostalgia" menurut mu?
saya pikir selama ini nostalgia artinya mengenang masa lalu yang indah.
ternyata saya salah.
artinya sedih.

nostalgia
[Late 18th Century. <modern Latin, "homesickness" <Greek nostos "homecoming" + algos "pain"]



Saturday, November 22, 2008

Graphologist

ini adalah sesi pertama dari rangkaian "bab Graphologist" di Rabu Belajar Komunitas Sahabat Kota.
menarik, sangat menarik!
jadi saya ingin berbagi :]

jadi, Graphologist?
Graph = coretan, torehan, tulisan, gambar, apapun yang tertuang dari otak manusia ke mediasi tetulisan cecoretan atau tetorehan lah ya..
Graphology adalah sub dari psychology yang bisa membaca karakter seseorang dari tulisannya. bukan apa yang ia tulis, tapi bentuk tulisan, tandatangan, atau bahkan coretan seseorang.
seorang Graphologist bisa melihat karakter seseorang dari tulisan tangannya.
Graphologist juga bisa membaca Pola Komunikasi atau Communication Behaviour seseorang.

kata kuncinya adalah:
coretan atau tulisan kita, adalah print out dari format cara atau pola berpikir kita.

jadi, dari bentuk tulisan tangan kita, kita bisa melihat apa yang ada di diri kita, seperti potensi yang kita miliki, kelemahan yang kita miliki, trauma yang kita miliki sekalipun bisa terlihat dari tulisan tangan. nah, kalo kita udah tau kekurangan kita, kita bisa mencoba memperbaikinya dengan mengganti cara manulis kita. dahsyat ya?

jadi dalam diri kita, kita punya 2 hal:
1. apa yang permanen dalam diri kita, dan ini dinamakan bakat, atau anugrah dari Yang Maha Kuasa. yang ini, udah ga bisa di apa-apa in, tapi menurut tante Mita Rosette, sang narasumber, hal ini pasti adalah hal-hal baik yang ada dalam diri setiap orang.
2. nah, yang kedua adalah apa yang ga permanen, dan hal-hal yang ga permanen dalam diri kita ini biasanya terbentuk dari pengalaman, trauma, pembelajaran, kebiasaan, de el el, dan hal-hal yang ga permanen ini bisa mempengaruhi hal-hal baik yang permanen dari diri kita yang nomer satu tadi. nah, yang ini nih yang bisa kita ubah dengan terapi mengganti tulisan, boy!

*untuk di ingat*
jadi saling mempengaruhi tu..
tulisan -- adalah print out dari format cara berpikir
dan
format cara berpikir kita, bisa keliatan dari tulisan tangan kita
JADI kita bisa mengubah format cara berpikir kita dengan mengganti tulisan tangan. (u kno wat am sayin' doug?) (mudheng ora, son?) (ngarti teu, beul?)

lanjuuuuuttt

nah, sekarang, apa bedanya baca tulisan tangan sama baca tanda tangan orang?
kalo tulisan tangan seseorang menunjukkan bagaimana kepribadian atau karakter dia sebenarnya,
kalo tandatangan seseorang, menunjukkan bagaimana seseorang ingin dilihat dan dinilai oleh lingkungan sekitarnya.

saatnya "mengapa begini...mengapa begitu"
*dilafalkan dengan nyanyian iklan ensiklopedi mengapa begini mengapa begitu di RCTI dulu*
kenapa tulisan orang jaman dulu itu cenderung mirip-mirip, yakni berupa tulisan tegak bersambung dan rapih hampir seragam?
KARENA
pendidikan jaman dulu kan bawaan dari orang Belanda, yang notabene orang eropah, yang mana bawaan dari gereja, NAH, orang-orang ini adalah orang-orang dengan tingkat kepatuhan dan disiplin yang tinggi, MAKANYA tercermin dari tulisan mereka yang rapih dan seragam, dan teratur.
beda sama tulisan orang amerikah, yang cenderung berantakan, bebas, tidak ada aturan, urakan, karena memang habitatnya juga beda, cara bersikap dan berpikirnya juga beda.

dan yang menarik lagi, kata Tante Mita Rosette, kalau ada guru mencontohkan cara menulisnya ke murid-muridnya, secara tidak sadar, dia juga menurunkan sebagian format berpikirnya kepada murid-muridnya itu.

sekedar sejarah singkat,
ilmu ini awalnya ditemukan, diaplikasikan, dan dikembangkan oleh seorang perupa dari Perancis, yang hobinya menjelajah dari gua ke gua, melihat coretan-coretan manusia purba. dari ilmu yang dia kembangkan ini, dia bisa meneliti apakakah yang membuat coretan itu laki-laki atau perempuan, kalau perempuan, apakah perempuan itu sedang hamil, atau tidak,,gituu,,hebat ya, boy? canggih, canggih, can kepanggih,,

kenapa ilmu ini penting?
NAH, ini juga menarik, boy!
(selain kamu yang eksibis bisa narsis mengetahui kelebihan-kelebihan kamu, atau jadi bisa menganalisa seseorang)
setiap manusia dilahirkan di dunia ini punya tugas. Pasti Punya Tugas.
dan tugas ini PASTINYA sesuai dengan potensi yang memang dianugerahi ke kita masing-masing sama Sang Pencipta. nah, gimana caranya kamu bisa tau dan melaksanakan "tugas"-mu, kalau kamu tidak bisa mengenali potensimu? makanya, kenalilah dirimu, Gnothi Seauton.
karena setiap manusia adalah individu-individu yang unik.
kalau kata film
Before Sunset, "...everyone is made up of such beautiful specific details"

dan biasanya, hampir semua orang ga sadar sama potensi yang dia miliki. sesuai teori gunung es-nya Sigmund Freud, apa yang kamu liat dan tampak di diri kamu atau di diri orang lain, itu cuma 20% dari yang ada, karena 80%nya ada di alam bawah sadar.

dan sebagai penutup,
KATAnya nii..setelah pengalaman Tante Mita Rosette dalam "membaca" karakter orang-orang, dan berhubung klien beliau kebanyakan orang Indonesia, beliau jadi bisa sedikit menyimpulkan karakter orang Indonesia pada umumnya.
katanya begini,
ORANG INDONESIA ituuu..
-multitalented
TAPI karena multitalented itu makanya orang Indonesia..
-cenderung ga fokus sama hal yang mawu dikerjain.
-ga bisa nentuin skala prioritas
-over reacted


sekian.
ada pertanyaan? diskusi?

sederhana

di sebuah sore di hari kamis, dimana disana hanya ada saya, guru saya belajar kertakes (bagi yang tidak tau apa itu kertakes, coba merewind masa es de nya), secangkir kopi nya dia, sebatang rokoknya yang ia hisap dan saya hirup ampasnya (uhukk! untung kamu guru saya, kalo ngga uda saya usir keluar), dan secuil obrolan tentang filosofi alat musik tradisional, ada sebuah kalimatnya yang saya suka:

"sesuatu yang sederhana adalah tahap akhir dari sebuah proses.."

namanya Yudi Taryudi, nama panggungnya Tarumadiswara.

nama saya? Barbara, nama panggung saya BarbaraBil, Barbara yang labil. dan saya masih kesulitan menjawab dengan sederhana pertanyaan-pertanyaan kecil yang tertuju pada saya atau bahkan pertanyaan yang saya layangkan ke diri sendiri.

Wednesday, November 5, 2008

beruang madu pemalas yang tidak malas

pada suatu hari seorang wartawan yang kehabisan sumber berita dan sedang mencari-cari berita sehingga mendatangi apapun untuk dijadikan berita menghampiri sesosok makhluk besar yang teronggok untuk mencari tau hal apa dari makhluk teronggok ini yang bisa dijadikan berita.

wartawan: hai makhluk teronggok,,assalamualaikum! hallo!

makhluk teronggok: halo..walaykumsalam..

wartawan: HAH??!
                 (dia terlonjak kaget karena ternyata makhluk teronggok itu adalah beruang)
                 kamu beruang MADU! apa yang sedang kamu lakukan? kenapa kamu teronggok?

makhluk teronggok: aku beruang MUDA!
                              (bicara degan gaya acuh tak acuh, mau tak mau, suka tak suka)

wartawan: kamu pasti sedang HIBERNASI! dasar beruang MADU pemalas,,makanya kamu teronggok! kerjaanmu hanya makan dan tidur,,

makhluk teronggok: aku beruang MUDA

wartawan: kamu beruang MADU...

makhluk teronggok: tapi aku masih MUDA

wartawan: dan kamu pemalas karena sedang HIBERNASI (wartawan sok tau suka menyimpulkan hal hal diluar realitas tetapi tampak seperti realitas baginya untuk kemudian dilempar ke publik dan membentuk mindset publik yang kurang kritis..)

makhluk teronggok: ahh! kamu sok tau,,

wartawan: aku tau! kamu beruang MADU yang teronggok karena sedang HIBERNASI dan kamu PEMALAS, kerjaanmu hanya makan dan tidur,ya ya ya,, (sambil mencatat dan mengambil kamera)

makhluk teronggok: aku beruang MUDA, dan aku sedang BEKERJA walaupun aku tampak seperti teronggok, dan siapa yang tidak TERGODA untuk hibernasi di udara yang basah hujan selalu dan dingin senantiasa ini?

wartawan: kamu bekerja? (mmpphhff) apa yag sedang kamu kerjakan? (menahan tertawa dan tetap bertanya,,"yess aku dapat berita", pikirnya)

makhluk teronggok: aku sedang mengerjakan sekripsi dan berencana untuk lulus! (berkata dengan tangan terangkat mata nanar menerawang penuh harapan...sayang tatapan nya masih sedikit kosong..)

wartawan: ohh,,kamu sedang berencana untuk lulus..(mengangguk angguk) ya ya..(masih tetap mengangguk angguk)..taun ini?

makhluk teronggok: mmhh,taun depan,, (sudah mulai merasa akrab dengan sang wartawan)

wartawan: jadi kamu sedang mengetik sekripsi dengan konsentrasi tingkat tinggi, makanya tampak teronggok seperti hibernasi? (sambil melongok lebih jauh ke dalam gua sang beruang MADU, eh,,MUDA sambil berpikir "aku salah sangka ternyata")

makhluk teronggok: (sambil sedikit menutupi jarak pandang sang wartawan) yaaa...aku sedang mengetik.......dan berpikir......dan belajar......ya...

wartawan: oh..begituu.. (jawaban asal sambil berusaha melihat situasi di balik pundak beruang MADU eh MUDA)

(kemudian sang wartawan melihat banyak buku dan kertas berserakan terbuka..cangkir kopi..teks lagu..lalu..gitar..novel novel..kabel internet..tunggu tunggu..kabel internet?let me see..hmmm..terhubung ke komputer yang ia gunakan mengerjakan sekripsi..dan..A HA! yang terpampang pada monitor bukan halaman kerja tapi MULTIPLY! astaga..)

                apa yang kamu ketik? (indera wartawan nya mulai menajam..)

makhluk teronggok: mmhhh..(berpikir untuk bohong tapi dia tidak bisa bohong) cerita..

wartawan: cerita untuk? sekripsi? (bertanya siniss)

makhluk teronggok: (uuhhh,,ucapannya menyayat!) mmhh,,sebentar mau posting blog dulu!

wartawan: (A HA! gottcha!) apa sih, cita-cita mu? (bertanya lebih sinis lagi)

makhluk teronggok: (merasa di judge..semakin tidak enak hatinya..) mmh..wartawan?

...sing...
 hening

...sama sama terpaku...

bay de wei, besok jangan salah menuliskan nama saya di koran ya..
beruang MUDA..
bukan beruang MADU..
muda kesannya lebih gagah begitu, lebih penuh spirit..

Saturday, September 20, 2008

baru pulang dari diskusi filsafat di UNPAR

saya menemukan teori ini bisa menjadi semacam panadol untuk rasa sakit kepala saya sekarang.
Teori Proyeksi ini bilang, kalo
"sebenarnya, kita meng attach secuil diri kita pada setiap realitas yang kita tangkap di sekitar kita"
"apa yang kita pikir realitas yang terjadi di sekitar kita sebenarnya tidak lain tidak bukan adalah secuil proyeksi diri kita sendiri"
lalu pastur yang memberi kuliah malam itu mencontohkan,
"kalau kamu bilang ke orang-orang, 'Monyet lo!', sebenarnya itu ya berarti dia sendiri yang monyet..manusia kok bisa melihat manusia lain yang sejenisnya seperti monyet, ya berarti kan dia sendiri yang monyet.."
lalu semua peserta kuliah tertawa. termasuk saya.

jadi,
we ARE what we SAID?
sah? sah? sah, saudara-saudara sebangsa dan setanah air?


*kuliah dan perkataan dikutip dari DR. Simon Petrus L. Tjahjadi
TEORI PROYEKSI
oleh Sigmund Freud.
yang kemudian melandasi dan menjelaskan gagasan Ludwig Andreas Feuerbach dalam menjelaskan teorinya tentang Atheisme dan keberadaan Tuhan. menurut Feuerbach, tuhan itu tidak lain adalah Proyeksi dambaan dan cita-cita ideal manusia.

reality show di dalam sebuah show: gosip.

"bangsat!
bajingan!
setan alas!"

Bawang Merah mengumpat dengan hati yang sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

"bajingan!
bedebah!
brengsek!"

umpatnya lagi. ia tidak tau apa kesalahannya sehingga seluruh anak kecil Indonesia yang selalu nonton TVRI dan makan CHIKI, dengan pergaulan masa kini dan merasa paling hepi, menaruh padanya banyak sekali ucapan benci.

"setan alass!!"

bukankah semua setan di ikat selama bulan puasa? lalu apa mereka?
Bawang Merah masih tidak habis pikir, kenapa banyak anak mencibir nyinyir!

"Apa salah saya, setan!"

Bawang Merah mengumpat dengan hati yang sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

di kejauhan, televisi menayangkan acara paling fenomenal dan favorit di dunia Bawang Merah.

"SEJHATINYA, Bawang Merah selalu berbuat jyahat terhadap Bhawang Putih! Setidaknya ITUlah yang selalu diceritakan tanpa tedeng aling-aling, oleh buku cerita anak-anak! APAKAH,,ada konsspirrasi disini, yang melibatkan rencana pelecehan nama baik Bawang Merah?
AKANKAH bawang merah membawa kassuss ini, sampai ke meja hijau?
BAGAIMANA tanggapan kerabat dan kolega BAWANG MERAH dan BAWANG PUTIH??
jangan beranjak, dan saksikan terus KEBENARAN dari fenomena ini, bersama saya, hanya di S(u)IKAT! *baca: sikat dengan memonyongkan bibir membentuk huruf U saat mengucap "SI"* di TE (jeda sebentar) VE ER I (V R I dibaca cepat), persembahan dari TEPUNG BERAS ROSEBRAND dan BEDAK TABUR RODECA!"
*JINGLE tepung beras rosebrand masuk*
"Tepung Beras Rosebraaand"
*JINGLE bedak rodeca masuk*
"Tabur tabur Rodecaaaa..bedak kulit keluarga andaa..RODECAAAA.."

"..."

hening sudah tidak ada umpatan.
apakah Bawang Merah sudah pasrah dan tawakal mengingat ini bulan puasa?

"..."

hening.

hati Bawang Merah sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

asalammualaikum?
tidak ada jawaban..

hati Bawang Merah sangat, sangat panass. sangat panas, kalau saya boleh membuat anda was-was.
berhati-hatilah, dia bisa terbakar dengan sendirinya kalau ini berlanjut di atas pentas.

"..."

masih hening.
mari kita tilik.

Wow! ternyata Bawang Merah sudah menjadi Bawang Goreng!
nyam nyam nyam..
saya Siska Aroma, mari bersantap, pemirsa!

Friday, September 12, 2008

serba serbi miti

1. waktu kelas 6 es de tergila-gila sama Ollie Jacobs, vokalisnya Arkarna!
gara-gara diajakin nonton konsernya Arkarna sama sepupu-sepupu, padahal waktu nonton masih blum terlalu tau ini nonton apa, tapi setelah merasakan panassnya panggung Arkarna, langsung jadi Fans sejati..dari mulai pin up majalah kawanku, majalah gadis, kliping artikel, sampe guntingan foto diatas kertas koran berwarna hitam putih yang senantiasa ada di dompet dan terkumpul rapih dan terdokumentasi di dalam sebuah map

2. sangat bersyukur terlahir mewarisi sebagian darah Jawa dan berharap di kehidupan lalunya berprofesi sebagai sastrawan Jawa yang tingal di Istana..khahahahahahaha

3. ga suka di tinggal atau merasa di tinggal
mungkin ga mawu kalah bisa masuk juga di kategori yang ini. yang jelas, saya ga suka ditinggal, apalagi ditinggal yang lainnya udah lulus duluan saya bluuum..

4. benci laki-laki waktu es de
menurut ibu saya waktu saya es de, laki-laki itu makhluk menyebalkan yang suka iseng dan kalo saya di isengin, saya ga boleh kalah, dan harus berani berantem. jadi aja saya sering berantem sama laki-laki waktu es de..berantem dalam arti mencengkeram kerah baju, meninju, menampar, dan menendang..ck ck ck..khaha, malu kalo di inget sekarang..

5. menyukai bebauan apapun itu yang keluarnya dari tubuh sendiri
khahaha,,bau apapun..APApun..kentut, keringat, kepala yang blum dicuci, khehehehehehhe

6. suka ke supermarket
apalagi kalo lagi sedih, ga semangat, dan bosann,,walaupun ga beli apa". tapi seneng aja liat warna warni di superarket berikut hiruk pikuk bermacammacam orang nya

7. i'm a territorial freak
sedang berusaha mengontrol dan mengendalikan itu, tapi kadang ga gampang

8. yup, sama kaya Dimas yang dengan baik hati nya membuat gw harus menulis ini semua, (ga sampe seminggu kan diiimmm..) saya sangat mudah tertidur,,apalagi kalo lagi ngantuk, dmana aja kapan aja, i could easily fallen asleep :] i believe it's a gift!

9. susah banget bales SMS
saya perlu menghentikan semua kegiatan yang sedang saya kerjakan dulu sebelum pada akhirnya saya bisa membalas SMS. dan karena itu lah saya ga terlalu suka membalas SMS, apalagi kalo yang ga emergency

10. selalu membawa apapun di dalam tas sampe overweight
suka sebel kalo merasa "tu kaaan, coba kalo tadi dibawaaa.." jadi aja tas saya penuh dengan barang yang ga terlalu penting dan bikin berat

baiklah demikian adanya memenuhi kutukan lanjutan dari Dimas Ario, bagaikan bermain tak patung atau tak jongkok..berikut orang-orang yang saya tepuk:

kakaknyah
ucay
nanachi
anggun
mba Dan
nur
eca!
ela
arab
debi

Tuesday, August 19, 2008

Did u get it yet? (some things from Evan Almighty film)

khehe, agak basi, tapi baru nonton, karena kebetulan ada di tv..dan setelah nonton tampaknya film ini mengandung jawaban"atas pertanyaan gw akhir"ini..
so,
i take it as a "sign"
khehehe..

ini kutipan aslinya,
"Let me ask you something. If someone prays for patience, you think God gives them patience? Or does he give them the opportunity to be patient? If he prayed for courage, does God give him courage, or does he give him opportunities to be courageous? If someone prayed for the family to be closer, do you think God zaps them with warm fuzzy feelings, or does he give them opportunities to love each other?"

Menurutmu, kalau kamu berdoa minta kesabaran, Tuhan akan langsung memberimu rasa sabar? Tidak Dia akan memberimu kesempatan untuk merasa sabar, untuk jadi sabar.
Kalau kamu minta keberanian, apa Dia akan memberimu rasa berani, secara instan? Tidak, dia akan memberimu kesempatan untuk menjadi berani.

So, what u’ve been asking lately?
Did u get it yet?
Not yet?
Think of it, maybe u’re on the way to have it, through the process.

Thursday, July 31, 2008

nenek sihir yang baik hati

nenek sihir: "Ayo, ayo,,dimakan kue nya..dimakan coklatnya..makan yang banyak..ihihihihihihihihihi..aku menyayangi anak-anak kecil macam kalin..aku sayang kalian.."

hans&gretel: "waaaaah, baiklah nek..terimakasih,,nenek baik sekali.."
mata hans dan gretel berbinar-binar senang tidak terkira..
*soundtrack: What A Wonderful World - Louis Armstrong
 adegan slow motion berlari-lari sambil tertawa senang melahap coklat dan kue-kue
 disanasini

nenek sihir (dalam hati): makanlah yang banyak..menjadi gemuk lah..akan kumasak nanti kalian..ihihihihihihihihihihiii..

Friday, July 25, 2008

The Dark Knight

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Action & Adventure
ahh..
udah gila, udah gila..

Gila gila gila..

sakitt..

joker.
Joker.

emang emang..

gila.

intelligent. smart. sarcastic. madness.
whoaa..

Why so serious?

rabies,
gila

Wednesday, June 25, 2008

Seperti air yang tidak sempat mengungkap kagumnya pada matahari yang menjadikannya uap.

Seperti sisa makanan yang memenuhi rongga gigi berlubang.
Seperti serat buah yang menyelip diantara sela-sela gigi.

Seperti lidah yang tidak bisa mengeluarkan sisa makanan menyumbat.
Seperti tusuk gigi yang tidak bisa menjangkau si penyelip.

Seperti cotton bud yang tidak bisa menjangkau gatal dalam rongga telinga.
Seperti gatal di punggung yang tidak pasti letaknya dmana.
Seperti tau mawu bicara apa tapi turbulensi-diri-yang-kampungan-itu-cuma-membuat-bungkam-sambil-tersenyum-tolol.
Seperti menguasai khatam sebuah teori tetapi khatam pula kesalahan pada prakteknya.
Seperti hafal 110 persen lirik lagu wajib dan menyanyikan hanya 45 persen nya sewaktu di depan kelas.
Seperti terbang tapi kamu tetap di tanah.
Seperti bicara banyak-dan-tidak-bisa-berhenti saat seharusnya diam-saja-dan-tersenyum.
Seperti tau sebuah kata tetapi dia tidak mawu keluar lebih jauh dari ujung lidah (atau ujung otak?).
Seperti melihat seorang artis-familiar-yang-sering-kamu-sebut-namanya di televisi tapi mendadak saat itu kamu lupa siapa namanya.
Seperti bisa menyanyikan satu lagu penuh di “Berpacu Dalam Melodi” tapi lupa judul lagu dan penyanyinya.
Seperti jesse yang tidak bisa menyampaikan kesungguhan hatinya 6 bulan setelah pertemuan terahirnya dengan celine.
Seperti kamu tau siapa dia atau kamu tidak tau lagi siapa dia.

and the worst part of "bed rest"..

adalah..
susah tidur di malam hari.
rasanya aneh, mengingat saya belum pernah sebelumnya mengalami yang namanya Susah Tidur.
cuma melek.
balik kanan.
balik kiri.
mata mlolo butho ijo lho, lho, lho, lho.
kurang lelah untuk tidur, kurang semangat untuk bangun.


Tuesday, June 24, 2008

sebuah percakapan di atas motor menuju travel untuk pulang ke ibu

A: tipes tu gara-gara apaan si sebenernya? Bakteri kan?

B: standart lah,,lagi ga sehat badannya, terus makannya sembarangan ga bener,,tifes deh..

A: lhah,,namanya juga mahasiswa,,nge kos lagi!kan emang biasanya kita makan
    sembarangan, makan di pinggiran,,coba, kapan kita makan bersih rutin sehari-hari?

B: gang mesjid bersih noh,,

A: nah ya itu kan kalo makan siang, kalo makan malem? Yang bersih cuma yang
    mahal-mahal gt kan?

B: iya juga sih..

 

Hening..sama sama mikir..

 

B: eh kalo dipikir-pikir, tipes tu penyakit orang susah tau,,ya kan? Makan nya aja di
    pinggiran, ga bisa makan di restoran..

A: khahahahahahaha..iya juga ya..

 

Hening lagi..

 

A: eh, kalo dipikir-pikir lagi, gw susah bener ya,,uda dulu kena penyakit epidemik dunia
    ketiga kan tu, gondongan, terus sekarang kena penyakit orang susah juga, gejala tipes,
    udamana kalo nonton film gampang banget kebawa,,macam mba-mba bebisiter
    yang ribut sambil nangis nonton sineteron,,wah lengkap udah,,ndesoo..

B: [uda gabisa ngomong lagi soalnya lagi ketawa]

Monday, June 9, 2008

The Fall

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Other
khehehehe..
lima bintang lagi,,
abis gmana doong..saya jatuh cinta sama film ini..

this movie is beautifully made..the colors, the scenes, the humors, the kecak dance,,yeah,there's our indonesian kecak dance in it..

dan ada scene yang menampilkan sengkedan* sawah kita disanaaaa..
ya allah,bagus bangett,,

ini film taun 2006, tapi memang baru di release world wide taun 2008 ini..Nathan Lee dari New York Times bilang film ini membosankan walaupun indah..but in my personal opinion..no, i'm not even close to bored when i watched it..especially when it came to kecak dance scene,,
this movie is very stunning. if i could open my eyes wider, then i would,,it's just beautiful..

judulnya sendiri, "The Fall", menjelaskan awal mula dari film ini..justru karena peristiwa "jatuh" itu, secara harafiah atau bukan, maka seorang anak kecil yang bernama Alexandria bertemu dengan Roy, sesama pasien, di sebuah rumah sakit. dari pertemuan itu lahirlah sebuah dongeng yang tervisualisasikan dan akhirnya malah jadi semacam analogi dari kisah nyata si pencerita.
si anak yang bernama Alexandria (Catinca Untaru) itu lucu banget,,dan humor yang dihadirkan anak ini dan Roy (Lee Pace), yangmana agak mirip John Cusack, bener-bener lucu..
"Googly Googly..Go Away.."

presented by David Fincher and Spike Jonze
directed by Tarsem Singh
shot on 26 locations over 18 countries

*sengkedan = sawah berundak, trik untuk membuat sawah di lahan yang miring, yangmana cuma kita yang punya :]

Be Kind Rewind

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Comedy
what??another five star?
yeah,,whatever!
told ya' "pendapat orang itu relatif", and i won't hesitate review any kind of anything unless i love it,,(or i hate it, maybe,,)
so,
since i love this movie, i gave it hell-yeah five star..
and this are the reasons..

directed and written by Michel Gondry. and..
umm..
hmmm..
it begins when umm...
o god i lost my words..
well..it's about..mm..mos def and jack black, and their..no, wait, i mean..it's about Mike and Jerry, and Alma, and Mr. Fletcher! yeah, Mr. Fletcher..and of course there's Mr. Fats Waller whose born in Be Kind Rewind store, according to Mr. Fletcher, which..
which..
o no..i lost it again..
where's my words?
well then, it needs to be sweded*..
*what, u don't understand what i'm just sayin'?just watch the movie, and u'll get it

the point is, i love this movie cause it wakes my spirit to make my OWN creation of anything..just ANYthing! :D another positive feelings after watched a movie..it's awesome! and this movie makes me laugh most of the time also,,it's sprinkled a bit happy, touchy, and optimistic feeling!
and this movie is funny,,(have i mentioned it yet?)
i'm not gonna tell u the plot. u can find it in other sites. i'm just gonna recommend u to WATCH it :D
yeaah!

ow, by the way, u can watch the sweded movie in www.bekindrewind-themovie.com

Tuesday, June 3, 2008

[none]

Look out of ur window
Sailed the seas, would u?
Or over those clouds
Dip in the orange, between the blue and the yellow
Imagine ur feet is here with mine
And we'll be the reds among others
But it's only stay still me watching all things run

Friday, May 30, 2008

hitam

hitam.
menyerap semua warna yang ada.
mencampur semua warna yang ada.
meniadakan semua warna yang ada.
hitam.

hanya hitam.

*mungkin ini bisa dibuat lirik sebuah lagu anak"untuk pengenalan warna selain lagu "Balonku" nya Ibu Sud :D

Friday, May 23, 2008

donat dungu gula palem yang masih hangat

alkisah sebuah donat dungu tapi lezat yang masih hangat dengan taburan gula palem di sekujur tubuhnya, yang banyak sekali digemari anak-anak, sedang berjalan-jalan..

berjalan,
jalan
jalan
jalan..

sambil berjalan ia berdendang,
di sana sini ia bertemu dengan anak-anak kecil yang memperhatikannya berjalan, dengan air liur menetes ingin memakannya, beberapa bahkan sudah menangis, merengek pada ibunya minta dibelikan.
si donat dungu tidak peduli.

sambil berjalan ia berkumandang,
betapa bahagia hidupnya..disana sini semua anak-anak kecil memperhatikannya berjalan, dengan butir-butir gula palem kecoklatan bertaburan di tubuhnya, anak siapa tidak merengek pada ibunya minta dibelikan?
si donat dungu tidak mau tau jawabannya.

tapi..

o la la..

sambil berjalan ternyata ia bimbang,
karena setelah merasa hidupnya cukup komplit, ditambah dengan aktivitas jalan-jalan nya kesana kemari itu, ia masih merasa kosong.
dan betapa KAGET nya ia saat ingin menyentuh tubuhnya,
ternyata tubuhnya B O L O N G ..
pantas rasanya K O S O N G ..
"kenapa ya?"
"kenapa tubuh saya bolong?"
"kenapa kosong?"
"lubang apa ini? rasanya kok kosong? dan..aarrrggghh! mengganggu sekali..taburan gula palem manis sebanyak apapun tidak bisa menutupi kosongnya!"
si donat dungu tidak tau jawaban atas pertanyaannya sendiri.
ia dungu, ingat?

dan sambil berjalan dia lalu hilang,
ditelan seorang anak kecil seukuran batara surya yang menelan matahari di kala gerhana.
padahal ia baru saja berencana akan mau berpikir.
menggunakan otak yang memang tidak ia miliki.
si donat dungu tidak pernah tau jawabannya.
yang dia tau cuma kosong.
karena ia dungu, ingat?




































Friday, May 2, 2008

ayo, ditonton ditonton!

some quotes from the movies i've watched recently

Into the Wild

Cristopher McCandless
"
I read somewhere... how important it is in life not necessarily to be strong... but to feel strong. To measure yourself at least once. To find yourself at least once in the most ancient of human conditions. Facing the blind death stone alone, with nothing to help you but your hands and your own head."
"When you want something in life, you just gotta reach out and grab it."
"Happiness only real when shared"

Dan in the Real Life
"Love is not a feeling, Mr. Burns. It's an ability."
"Instead of telling our young people to plan ahead, we should tell them to plan to be surprised."
"There's rightness in our wrongness."

Pocahontas
"But, what is my path?" Pocahontas asked.
"All arround you are spirits, child," Grandmother Willow said. "They live in the earth, water, and sky. listen with your heart and they will guide you."

Wednesday, April 2, 2008

Please! i don't wanna talk to u

this is why chickens always ran away from human.

it's not that i hate u.
i just always remember the butcher everytime we met.

Tuesday, April 1, 2008

i hate goodbyes

too much to say leave a silence.
what will tomorrow fells like without u, i wonder,,
what will a small tiny caterpillar feels without it's colony
tomorrow?

whenever I run /
wherever I run to you lost / it's never done / just hanging on / the past has let me be / returning as if dream / shattered as belief
if you have to go, don't say goodbye
if you have to go, don't you cry
if you have to go, I will get by
someday I'll follow you and see you on the other side
your picture out of time / left aching in my mind / shadows kept alive
if you have to go, don't say goodbye
if you have to go, don't you cry
if you have to go, I will get by
I will follow you and see you on the other side
*For Martha - The Smashing Pumpkins

after all you were perfectly right/ but I'm scaring close to insanity / and on a night like this
nothing stays the same

nothing looks the same

after all you were perfectly right / I have never been happy before / and on a night like this
you can hear the words
see behind the words
*After All - The Cardigans

goodbyes ended a beginning but start a new one also.
it's just not that easy how it feels.
so long colony.
be meeting u in another junction i hope.
thank you colony.
this colony is one precious colony, i treasure.

Wednesday, March 26, 2008

reportase di siang bolong

hari ini sebatang pensil 2B Faber Castle yang sudah usang dan sudah sangat pendek berhasil saya temukan di selipan kolong tempat tidur.
dia sekarat!
sekarat karena sudah tidak pernah terpakai oleh si pemiliknya.
berikut laporan wawancara dengan pensil berinisial FC tersebut:

"apakah anda sudah lama tergeletak disana?"

"iyah..lumayan..saya sekarat.."

"kenapa?"

"karena dilupakan si pemilik..sudah tidak pernah dipakai..sudah tidak berguna.."

"kenapa tidak berteriak saja..protess kepada si pemilik..bilang.. 'jangan mawu enaknya saja, sudah tidak berguna diterlantarkan..' begitu.."

"tidak mawu.."

"kenapa? anda rugi sendiri.."

"karena saya pencil berkualitas dan bagus..dan terlebih dari itu, saya egois.."

"khahahahahaha"
*saya tertawa. miris. saya jadi ingat, ibarat pepatah ni, "udah miskin, sombong!" belum sempet mengajukan pertanyaan lagi FC kembali berbicara..

"saya tidak mengijinkan orang tau apa yang mereka akibatkan sama saya..saya gamau dia tau tentang ini..terlepas apakah itu berarti saya terlalu kejam pada diri sendiri atau tidak.."

"glek.."
*saya menelan ludah. kasian juga. saya jadi menyesal sudah menertawakan, walaupun dalam hati. lalu tanpa melanjutkan dengan pertanyaan lain, ia lagi-lagi berbicara..

"apa seharusnya ia tau ya?
hmm..tidak tidak..saya tidak bisa membiarkan hal itu terjadi.."

"tapi berarti anda menyiksa diri sendiri bukan?"

hening.

"halo?"

hening.

"asalamualaikuum.."

hening.

kasihan. ia kehilangan daya hidup karena merasa sudah tidak berguna dan kalah.

Tuesday, March 25, 2008

kisah pertemuan dua alien

"hallo apa kabar?"
sambil tersenyum manis berusaha ramah namun tetap kaku.

"hallo.."
hanya sepotong dan tetap terlihat kaku.

jeda panjang..

"OH IYAHH!!saya lupa saya makhluk Saturnus. pantas ia tampak tidak ramah.
dan menghindar."
pikir si Makhluk Saturnus yang menegur pertama kali. yang mencoba untuk ramah.

"dan kamu makhluk Bumi yang kabarnya sempurna itu ya? dan saya makhluk Saturnus yang wujudnya abstrak menurut kamu itu ya? tapi menurut sesama makhluk Saturnus di planet saya, saya tidak tampak menjijikkan kok.."
pikir Makhluk Saturnus yang bingung.
masih dalam posisi saling menatap dan tersenyum kaku.
tidak tau harus apa.
tanpa sepatah kata pun terucap dan terdengar.

masih saling tersenyum.
menatap.
kosong dan tanpa arti.

"baiklah.."
kata Makhluk Saturnus menyudahi karena ia merasa bingung.

dan Makhluk Saturnus pun berlalu.
sambil bersedih karena ia merasa dirinya aneh.
ia berlalu dan meninggalkan panggung.
meninggalkan sesuatu yang ia pikir sebagai "Makhluk Bumi" yang katanya sempurna itu, yang masih dalam diam nya.
entah takjub, entah jijik.

dan Makhluk Saturnus pun berlalu.
sambil bersedih karena ia merasa dirinya aneh.
ia berlalu dan meninggalkan panggung.
meninggalkan sesuatu yang ia pikir sebagai "Makhluk Bumi" yang katanya sempurna itu,
dan yang ternyata, makhluk itu juga bukan makhluk bumi, tapi alien lain.
yang masih dalam diam nya.
entah takjub, entah jijik.

atau mungkin pada kenyataannya ini cuma imajinasi Makhluk Saturnus yang terlalu liar saat ia bertemu makhluk lain selain dirinya.
tapi yasudah, waktu sudah bergulir.
mereka pun sudah berlalu.
Makhluk Saturnus bertemu dengan Makhluk Mercuri di sebuah detik.
dan berlalu di detik yang lain.

"Hallo,,katanya saya makhluk Saturnus"

Saturday, March 22, 2008

apa?

dia menjauh, berdiri di depan cermin dan menatap lurus dan dingin.
aku berdiri, menjauh, dan membeku depan cermin.

"apa si yang kamu cari?"

"..."

"apa? tantangan? pembuktian? apa?

"..."

"kamu pikir kamu siapa?"

"..."

"apa YANG KAMU CARI? jawab.."

"gatau..."

aku berlalu, gelisah.
dia menjauh, berdiri di depan cermin dan menatap lurus dan dingin.
aku berdiri, menjauh, dan membeku depan cermin.

"apa"
"yang"
"kamu"
"cari?"

ia berbicara lagi. bertanya terus terus dan terus menerus. mulai jengah.
di ruangan 3x4 ini ia berdiri sendiri.
dengan cermin.

Friday, March 7, 2008

nyaman

Bandung malam, dingin, hujan, dan basah.

di jalan lampu-lampu kendaraan berpendar memberkas-berkas akibat terpantul air hujan yang jatuh.
di jalan pikiran yang mulai lelah melesat mendahului raga yang masih berlabuh.

Lucu, bagaimana pikiran yang lelah bisa terpisah dari raga nya.

melesat dan sampai di rumah.

*tiba-tiba hidung mendeteksi bau imajiner yang sangat familiar dan
angan ikut bermain dengan visualisasi maya

bau sprei yang baru di ganti menyeruak,
bantal-bantal dakron empuk memanggil raga,
dan hawa dingin yang mengendap di dalamnya menambah nilai kenyamanan,
selimut hijau lumut yang hangat tertumpuk tidak rapi di sudut dan tetap hangat,

meringkuk di dalamnya dengan bantal-bantal empuk tadi menjadi cita-cita utama jangka pendek.

saya hanya mengantuk.

Sunday, February 3, 2008

menanti dan menunggu

Pada suatu pagi, ada kelinci kecil yang sedang menatap angkasa biru di tengah padang rumput yang hijau dan luas.
"Kenapa kau menanti Sang Elang?",tanya Pohon Pinus.
"Hari masih pagi, udara sangat segar untuk dihirup..",jawab kelinci kecil sambil menarik nafas sedalam-dalamnya,"Bukankah begitu Pinus?aahhh, segar sekali.."
kelinci kecil tidak menjawab pertanyaan Pohon Pinus dan mengalihkannya sambil meloncat agak menjauh.
"Hay kelinci kecil! Kebodohan apa lagi yang akan kau lakukan dengan menanti Sang Elang?",tanya seekor Belalang.
"Hay Belalang! Lihat! Matahari baru terbit! Sedang hangat-hangatnya! Bukankah ini hari yang indah untuk berjemur?",jawab kelinci kecil sambil melompat lebih jauh lagi.
Kali ini kelinci kecil memutuskan untuk melompat ke tempat yang lebih jauh lagi.
Ke tempat dimana hanya ada dia dan langit.
Ke tempat dimana ia bisa melongok ke angkasa dengan bebas.
Tanpa was-was.
Ia meloncat.
Terus meloncat dan menjauh.
Tiba-tiba di pertengahan jalan ia merasakan nyeri.
"Wah, luka ini kan sudah sembuh" Pikirnya dalam hati.
Tanpa memeriksa sumber nyerinya ia terus menjauh.
Dan berehentilah ia di bawah Pohon Beringin.
Walaupun serasa habis napasnya, tapi blum putus asa ia.
"Kelinci kecil.."
"Pohon Beringin, bolehkah aku merebahkan badanku di akar-akar kayumu? Aku ingin menengadahkan kepalaku tapi nyeri ini mengurangi kekuatanku..",tanpa mengizinkan Pohon Beringin berkata lebih lanjut kelinci kecil melambungkan sebuah permintaan.
"Baiklah, kelinci kecil..",Pohon Beringin yang bijaksana mengizinkan.
Dengan menggugurkan beberapa daunnya yang kecil-kecil ia berusaha melindungi kelinci kecil dari angin pagi yang dingin menggigit.
Sambil menatap angkasa, kelinci kecil mulai menggigil.
Angin pagi ini sedang dingin.
Nyerinya tidak berkurang.
Dilongoknya sumber nyeri itu.
"Wah, ternyata berdarah..pantas perih..",lirihnya.
Pohon Beringin berusaha semampunya merendahkan ranting-ranting rimbunnya untuk menangkis angin berhembus.
"Kelinci kecil, taukah kau bahwa Sang Elang adalah pemangsa kelinci?"
Kelinci kecil diam.
Tetap menatap angkasa. Mengaguminya. Mengagumi luasnya yang tak terhingga.
"Pohon Beringin, mengapa Sang Elang terlahir dengan sosok gagah dan angkuhnya yang memesona?",kelinci kecil yang tidak menjawab pertanyaan Pohon Beringin malah balik bertanya.
"Karena ia milik langit dan cakrawala",Pohon Beringin terdiam sebentar dan menjawab lagi,"Dan segala sesuatu milik langit dan cakrawala juga milik kebebasan."
Kelinci kecil menerawang.
Terus menatap angkasa.
Harapannya sederhana.
"Kelinci kecil apa yang kau lakukan?",tanya Pohon Beringin lagi.
"Aku hanya melakukan hal sederhana. Menatap angkasa. Ya, hanya menatap angkasa. Aku tidak sedang mengharapkan apa-apa",kelinci kecil menjawab.
Ia mengumpulkan sisa-sisa logikanya disela-sela rasa nyeri yang terus menyiksanya.
"Pohon Beringin, mengapa ia hanya melukaiku dan tidak memangsaku saja dan meninggalkanku takjub akan sosoknya?",dengan nafas satu-satu dan terengah-engah kelinci kecil melontarkan pertanyaan lain lagi pada Pohon Beringin.
Pohon Beringin jatuh iba pada kelinci kecil.
Awalnya ia terdiam.
Namun ia pun akhirnya memberanikan diri bertanya pada kelinci kecil,
"Kelinci kecil, apakah kau sedang menanti Sang Elang?"
...
tidak ada jawaban.
"Kelinci kecil..",dipanggilnya kelinci kecil dengan lembut.
...
Tidak ada jawaban.
Dilongoknya kebawah.
Mata kelinci kecil terbuka nanar tidak berkedip.
Basah.
Luka nya pun menganga masih mengalirkan darah.
Pohon Beringin tidak mendapatkan jawaban, apa yang sedang dilakukan kelinci kecil.

Wednesday, January 30, 2008

like Willy Wonka said,

saya selalu kagum dengan Roald Dahl dan cerita-cerita nya yang membebaskan dan menghargai imajinasi masa kecil.

Willy Wonka juga sangat menakjubkan karena berhasil membangun dunia nya sendiri sesuai seperti impian nya,,hebaaaaaattt :]

dan di film "Willy Wonka & The Chocolate Factory" di tahun 1971, sebelum mempersilakan anak-anak kecil yang memenangkan Golden Ticket untuk menjelajahi dunia yang sudah berhasil dia bangun sesuai imajinasinya, dia berkata (atau bernyanyi lebih tepatnya),,

"come with me, and u'll be in the world of pure imagination
take a look,
and u'll see into ur imagination.
we'll begin with a spin,
travelling in the world of my creation.
what we'll see will defy explanation.

if u wanna view paradise, simply look around and view it
anything u want to,
do it.
want to change the world,
there's nothing to it.

there is no life i know to compare with pure imagination.
living there, u'll be free, if u trully wish to be."


*Pure Imagination, written by Leslie Bricusse and Anthony Newley. this was sung by Gene Wilder as Willy Wonka in 1971 "Willy Wonka & the Chocolate Factory"