Monday, September 12, 2011

tinggal 2 minggu lagi, dan "sidang" itu akan digelar

khaha, ternyata sudah 3 minggu lebih sejak terakhir saya menulis :P

tinggal 2 minggu lagi, dan "sidang" itu akan digelar.

persiapan ini seru sekali.. sekali..gus..menghabiskan banyak energi. ha ha.
mungkin karena ini pernikahan sendiri ya..saya rasa kalau ini pernikahan orang lain tidak akan memakan energi sebanyak ini.

dulu sekali pertama-tama mempersiapkan pernikahan ini, seorang teman SMP yang sekarang sudah berpengalaman sekali menjadi creative consultant, menawarkan jasanya. cukup mahal, tapi ia menjanjikan profesionalisme yang memuaskan.
pada akhirnya setelah melakukan pertimbangan ini itu, saya memutuskan untuk mengerjakan semuanya sendiri. sekarang saya tau, ternyata memang sepertinya jasa seperti itu dibutuhkan. ha ha.

namanya Amanda juga.
"well Nda, u're right." :p
dan saya rasa kalau dia membaca blog ini dia akan berkata, "Told ya!" dengan senyum mafhum.

well, karena meratap itu tidak ada manfaatnya,
dan karena saya juga menikmati petualangan yang advanced level nya tinggi ini,
lebih baik saya membagi saja pengalaman saya :]


tinggal 2 minggu lagi, dan "sidang" itu akan digelar.

saya memulai survey ini itu sejak bulan april.

hal pertama yang saya lakukan adalah: mencari tempat.
dari pertama saya sudah membayangkan tidak ingin menikah di gedung.
alasannya, gedung akan membuat suasana menjadi kaku. saya ingin suasana yang akrab, dekat dengan undangan. dan AWALNYA saya berniat mengundang kerabat dekat dan teman-teman tersayang yang selama ini support saya saja.

yang kemudian saya sadar, sebtulnya agak susah terealisasi ya, keinginan macam itu kalau "menikah keluarga" di Indonesia. tapi saya baru sadar itu saat sudah terakhir-terakhir. well anyway..

jadilah dari bulan april itu saya survey santai. browsing-browsing, googling, blog walking, multiplying..sampai suatu saat, saya membaca sebuah alamat yang direkomendasikan untuk pernikahan outdoor yang suasana nya kebun, joglo, tanaman asli, lampu lampion temaram..yang saya pikir cocok dengan keinginan saya.
dari bulan april, saya sudah menandai satu tempat, yang kemudian saya follow up santai sampai bulan-bulan mei-juni. saat itu saya sedang mengerjakan beberapa hal, jadi tidak terlalu fokus mengurusi pernikahan ini. dan lagi, saya tidak mau memastikan apapun sebelum saya resmi dilamar.

hal kedua yang terpikir adalah: Design Undangan. dan design kartu ucapan terimakasih di souvenir.
saya tidak bisa menahan diri untuk tidak turun tangan langsung dalam men-design undangan. gmana ya, undangan itu, buat saya krusial. ibarat mata yang bisa menggambarkan jiwa seseorang, undangan pun. undangan adalah cerminan (setidaknya menurut saya) seperti apa si calon manten dan acara pernikahannya. saya pikir lewat undangan juga saya setidaknya bisa menyapa para undangan secara personal.
saya ingin ada personal detail dan personal touch disana. buat saya ini perkara penting (dan buat sebagian orang ini kurang praktis, terlalu naif dan idealis). tapi undangan itu akhirnya jadi..dan berkarakter :D
ada sedikit cerita disini. dari awal, memang sudah ada problem warna. warna yang saya inginkan tidak pernah bisa tercapai dari 3 kali dummy yang diberikan pihak percetakan. tapi saya masih permisif, dengan dalih, "ya sudahlah, yang penting kan isinya. warna tidak 100% sesuai keinginan tidak apa lah. toh memang warna yang ingin saya capai itu ternyata menyulitkan bagi si percetakan."
sebisa mungkin saya menciptakan suasana konsumen-produsen yang enak bagi kedua belah pihak.
saat undangan selesai dicetak, ternyata warna masih saja meleset dari kesepakatan akhir. ceruk pada amplop yang di 3 dummy sebelumnya benar terletak di belakang, waktu undangan jadi ceruk nya jadi  DI DEPAN. dan lipatannya banyak yang miring. "karena mengerjakannya dekat lebaran, jadi orang-orang sudah tidak fokus mengerjakan", katanya. saya kecewa sekali saat itu. benar-benar kecewa. ini diluar dugaan. saya sudah berusaha semaksimal mungkin menciptakan suasana yang enak bagi semua. tidak menuntut terlalu banyak, toleransi besar, tidak cerewet minta diskon..huf. setelah saya menyampaikan ke pihak yang bertanggung jawab mengenai kekecewaan saya, dengan maksud mengevaluasi, baru saya bisa sedikit legowo. dan untungnya, pada akhirnya pihak percetakan menerima memperbaiki lipatan yang miring, walau soal ceruk dan warna sudah tidak bisa diapa-apakan lagi selain diikhlaskan, karena waktu juga sudah dekat.
saya mulai serius men-design bulan Juni setelah lamaran, sampai ke pihak percetakan di bulan Juli-Agustus.

hal ketiga yang terpikir adalah: souvenir.
ha ha. ya ya, saya tau souvenir adalah hal yang remeh dan mungkin adalah bottom list orang-orang yang menyelenggarakan pernikahan. tapi entah kenapa, saya suka sekali memikirkan souvenir ini. awalnya saya sempat berpikir untuk memberikan tulisan, self publishing. tapi kandas karena partner menulisnya sibuk. huh.
tapi kemudian saya menemukan alternatif souvenir yang tak kalah menariknya, berkat bantuan teman baik saya, pingkan :}
itu sudah bulan-bulan Juli. saya pun sempat ke Jogja untuk mencari sendiri jenis barang yang saya mau, ditemani partner-berbagi-baik-hati-nan-perfeksionis-kadang-galak-kalo-soal-kerjaan-tapi-sahabat-yang-selalu-mendukung-dan-ceria,  mba riaaa :D
disini juga ada cerita kecil. awalnya saya sudah sepakat untuk memesan souvenir pada Pingkan. tapi setelah kirim-kiriman, tawar-tawaran, hitung-hitungan, ternyata budget saya tidak cukup. jadilah dengan berat hati saya membatalkan kerjasama..huhu..maaf ya pingky..
akhirnya saya memutuskan untuk mengerjakan ini sendiri. tentu saja tidak benar-benar sendiri. dibantu mba ria, cocomeo-yang-habis-bensin-tengah-jalan, dan mas grewo yang hampir-pingsan-dorong-cocomeo-sambil-bawa-souvenir-sekardus, keping-keping kayu itu sampai di bandung untuk saya olah lagi :D


mba ria juga mengirimkan burung-burung kayu untuk menghias tempat pernikahan saya :'] *HUGGSSS kuat kuatt*
proses souvenir ini dimulai sekitar bulan juli-agustus, sampai sekarang masih sambil saya kerjakan. euh..ha ha.

hal keempat: cincin
:] :] :] di bulan agustus cincin kami jadi :D

yang lainnya tidak menjadi perhatian utama. walau sebenarnya faktor yang penting dalam hal membuat hajatan. misalnya, catering. ya, CATERING. khahahaha.
saya mulai hunting catering ditemani bapak ibu saya sejak bulan agustus awal, sekitar 3 minggu kemudian, catering fixed!

dan di BULAN SEPTEMBER INI..
kemudian satu hal lagi sempat luput dari memori saya.
band pengiring untuk hiburan tamu. *tepok jidat*
sejak akhir agustus, kira-kira, saya menyadari kekhilafan ini dan mulai pusing. saya mau band nya KERONCONG MODERN. harus itu.
dan..khihihihihihi..alhamdulillah nya..saya bisa dapet band yang saya sukaaaa bangett :D
awal minggu ini sudah kontak-kontakan dengan managernya. dibantu Rani dan Adan *terimakasiiiiiihhhh :D* saya berhasil menjangkau band ini! gembira bukan main. akhir kontak masih menyisakan gantungan sedikit, tapi saya harap mereka bisa memenuhi permintaan saya ini *berdoa kuat kuat-amin!* :D

dua minggu yang lalu saya juga sudah bertemu dengan tim dokumentasi hari H :D mereka adalah enzo portraiture. sejauh ini, hasil stalk saya menunjukkan bahwa mereka oke sekali. tapi untuk berjaga-jaga, saya pun mengajak mereka berdiskusi untuk membagi apa yang saya suka dan apa yang menjadi pilihan-pilihan saya dalam hal memilih angle gambar dan nuansa edit an foto :]

tinggal 2 minggu lagi, dan "sidang" itu akan digelar.

ya, tinggal 2 minggu lagi, kurang lebih, dan saya masih blum bisa duduk tenang..karena rasanya masih banyak yang belum..

oh tuhan..bismilahhirohmannirahim..

3 comments:

  1. Mitaaaa... :D
    bacanya ikutan deg-degan, dan pastinya ikut mendukung dan mendoakan *peluuk!
    Nikmatin mit.. semuanya akan jadi cerita yg seru pastinya! (kata orang-orang sih begituu :D)
    Aku menunggu saat-saat sharingnya yaaa.. ;))

    ReplyDelete
  2. wah, din.. next will be your project ya.. hehehe

    ReplyDelete
  3. eh siapa itu partner-berbagi-baik-hati-nan-perfeksionis-kadang-galak-kalo-soal-kerjaan-tapi-sahabat-yang-selalu-mendukung-dan-ceria yang -hampir-hampir-pingsan-dorong-cocomeo-sambil-bawa-souvenir-sekardus ???
    siapa itu? siapa itu? HUGS for you, mandoott!!
    semangaatt!!

    ReplyDelete