Monday, October 12, 2009

The Thoughtful Yogyakarta

1. traffic light di dalam kota yogyakarta selalu dilengkapi countdown. katanya si, tujuannya supaya orang tau kapan lampu merah berakhir dan mereka bisa mematikan kendaraan mereka. mengurangi polusi udara, suara, hemat bensin. sempet ragu juga awalnya apa tujuan ini tercapai, eh, ternyata berhasil lho, orang-orang mematikan mesin mereka. nice :] masyarakatnya mudheng.
2. lampu mata kucing berfungsi dengan baik dan menyala di tengah jalan raya. itu lho, lampu-lampu kecil yang nyala-nyala sepanjang zebra cross biasanya. lampu-lampu kecil itu benar-benar menyala!
3. di sepanjang trotoar malioboro ada tegel (lantai) yg khusus untuk tuna netra. itu lho,yg ada tonjolan motif horisontal dan polkadot,jadi bisa terasa di kaki atau di tongkat. polkadot artinya jalan terus, horisontal artinya berhenti, waspada, akan ada penyebrangan.
4. ini yang paling keren menurut saya! ada jalur alternatif untuk para pesepeda. ada plang-plang nya gitu, khusus untuk para pesepeda diberitau jalur alternatif yg lebih bersahabat. keren :D



yogyakarta, di mata saya, kota yang sangat ramah dan supportive. bravo! :]

No comments:

Post a Comment