Saturday, July 9, 2022

2/28 Big Yellow Taxi

Delft, day 2, 06:10

Playlist hari ini:
Gatekeeper (Full Mix) - Feist (2004)
Inside Out - Feist (2004)
Big Yellow Taxi - Counting Crows feat. Vanessa Carlton (2003)

Pagi ini niatnya mau bangun jam 03:00 buat subuh sekalian ada janjian meeting buat brainstorming sama Adit jam 08:00 WIB. Saya udah niat banget sih, udah pasang weker di hape dan di jam. Hape udah taro deket kuping.

Asli sing suing sumpah.

Tapi seperti sudah ketebak ya.
Ga bangun.

Bangun-bangun kaget gitu, udah terang. Liat jam, udah jam 05:25, udah terang banget di luar. Meetingnya udah bubar. Liat Slack, “Kak kita udah di google meet ya”, DUA JAM YANG LALU 😭

Bhay.

Yaudah maap maap sambil reschedule. Lanjut meeting brainstorming kerjaan lain sampe jam 9 kurang sama Nuha dan Farras. Kita brainstorm untuk bikin Archetype dari riset lapangan yang baru kita jalanin beberapa minggu lalu. Seru deh. Risetnya maksudnya. Bikin laporannya sih horor 😖
Sebenernya saya nulis cerita pas risetnya, soalnya seru banget. Kami meriset pedagang-pedagang dari dua kota, Bandung dan Magelang. Banyak banget yang mind opening. Tapi masih mengendap di draft. Terus apa-apa yang udah masuk draft biasanya susah keluarnya hahaha. Mau dilanjut udah ilang excitementnya, udah berkembang banyak di kepala, ga dilanjut tapi seru. Ya gitu aja. Kembali, saat bikin archetype ini ada yang tokohnya The Gatekeeper. Jadi inget Feist. Jadi seharian ini saya muter Gatekeeper (dan satu album-eun Let It Die).

JADI HARI INI AGENDANYA ke tempat sewa sepeda yang bagus itu, beli deterjen, sama beli lip balm. Seyuyurnya ini kali pertama saya mengunjungi Eropa saat summer. Sebelum-sebelumnya ga pernah dapet kesempatan pas Summer. Biasanya kalo ga awal tahun, ya akhir tahun, pas dingin tapi ga saljuan. Nah kalo pas dingin tuh bibir dan hidung saya pasti perih. Terutama bibir sih berasa banget, kering banget gitu. Nah, saya pikir karena pas summer, akan lebih hangat, ga akan kering. GATAUNYA SAYA SALAH haha. Tetep kering, baru hari kedua tepi-tepi luar bibir udah perih, ga bawa lip balm lagi dari rumah. Yaudah harus beli 🥲

Seperti saya bilang ini kali pertama saya mengunjungi Eropa saat musim panas, jadi ini pertama kali juga saya merasakan matahari terbit ngebut, dan undur diri perlahan, haha. Jam 6 aja udah terang banget kaya jam 11.

Jam 06:49 mata bantal

Menu sarapan males masak

Sama menghabiskan Aliagrem yang ikut ke Belanda

Sebelum pergi saya menyempatkan diri asah-asah. Sebagai yang hobinya asah-asah, asah-asah lah sebelum kamu basah-basah atau menjelajah antah berantah. Ah ah ah.

Sebenernya karena bawa baju cuma dikit sih, jadi harus sering nyuci HAHAHAHA.

Sambil nunggu mesin cuci beres sebelum jemur saya masak makan siang. Memasak beras yang kemarin dibeli. Pas digunting, keliatan berasnya, warnanya ga putih. “Hmm..rasanya gimana ya?”, sempat membatin, karena bau berasnya juga beda. Kaya bau oats, aneh 😅 Tapi tetap saya masak. Begitu jadi, pas mau dimakan, ternyata jadinya tidak seperti nasi yang biasa saya masak. Nasinya ga lengket dan ga empuk. Dia lebih berbulir-bulir gitu. Gimana ya menjelaskannya, kaya tercerai berai gitu (((tercerai beraaaii))), hahahaha, gatau deh. Tapi saya kayanya jadi ngerti arti makna “pulen” deh. Selama ini makan nasi kaya take it for granted gitu, semua beras sama aja. Terus sekarang nyobain beras ini saya jadi bisa tau apa itu pulen. Terus sambil masak saya jadi keinget lagu Big Yellow Taxi.

“Don’t it always seem to go. That you don’t know what you got..till it’s gone. They paved paradise to put up a parking lot.”

Awas nyanyi.

(Atas) Nasinya. (Bawah) Menu makan siang, goreng nasi sama ayam fillet marinasi yang kemarin beli di supermarket.

Staple dari rumah: Kopi, Indomi, dan Totole.

Akhirnya jam 15:00 setelah makan siang saya jalan kaki ke tempat penyewaan sepeda. Perjalanan 15 menit dari kosan. Kosaaaan. Haha.
Nama tempatnya SwapFiets, letaknya dekat stasiun kereta, dekat sungai. Kemarin sudah googling, kelihatannya harganya masuk. Tapi ternyata setelah sampai sana harga yang kemarin saya googling itu baru harga sewa sepeda sebulan, tapi ada biaya registrasinya kalau mau pinjam hanya 1 bulan. Dan lumayan harganya. Lalu sign-up nya juga agak sulit karena harus pakai non-prepaid credit card. Saya ga punya. Atau pakai akun rekening Belanda. Yang ini apalagi. Setelah berusaha coba pake Jenius ga bisa (ngeyel tetep dicoba, udah dibilangin ga bisa pakai pre-paid credit card), akhirnya dengan berat hati…ngerepotin Hanif lagi hahahix.

Di perjalanan ke SwapFiets.

Kotanya sepi. Kata Saska, yang kata Wikipedia, besar kotanya lebih besar dari Bandung, tapi penduduknya cuma 100,000. Terus kata Hanif, di sini ada peraturan yang mewajibkan dog owner untuk ngajak jalan anjingnya setiap hari, dan mereka bayar pajak. Makanya banyak bisa ditemui telek alias eek, haha. Kata Hanif lagi, pajaknya itu digunakan untuk membayar jasa kebersihan, jadi pet owner ga perlu bawa-bawa plastik. Tapi kalo kaya kejadian foto di atas gini kan bahaya ya bundh, lagi jalan sambil melongo liat-liat atas tiba-tiba yang bawah mambu 🥲 Tapi ini saya ga injek. Suwer. Ini kelindes sepeda orang. Tetep baunya membuat saya yang lagi terpana melihat bangunan-bangunan merunduk ke bawah. Eitsss! UNTUNG ga kena!

Kucing-kucing kelekaran.

Main ke mall, tempat saya membeli keperluan hari ini.

Di luar mall saya melihat flock of birds muter-muter. Kenapa ya sekawanan burung suka muter-muter rame gitu?

Ini mataharinya terik banget, motretnya sambil ga liat atas. Ini padahal udah jam 17:48 tapi kaya jam 12 siang.

Setelah semua hassle ingin meminjam sepeda terlewati, sampe janjian sama Hanif di Swap Fiets, saya tetap blum bisa sewa hari ini juga, karena tokonya udah kukut, haha.

“Sesok ae mbae. Ngeyel tenane. Warunge meh kukut ki, karang aku ki yo arep mulih saiki..”, Kata Mba SwapFiets dalam bahasa Belanda.

Sambil jalan pulang, jalan kaki lagi, karena blum ada sepeda, saya jadi mikir-mikir lagi. Kalo memang mahal, apa minjem aja yang pada lagi liburan summer ya? Akhirnya minta tolong Hanif (lagi. Haha, maap ya Nip.) tanyain apakah ada temannya yang mau menyewakan sepedanya dengan harga rasional, hehe. Lagi ditanyain nih, mungkin besok ada jawaban :) Semoga ada. Sampe rumah saya buka kerjaan lagi sambil dengerin lagu. Sambil ngerajang bawang putih supaya besok-besok kalo masak tinggal sreng sreng sreng. Karena masih terang saya ga sadar kalo udah malem banget, liat jam udah jam 21:00 😱 belum masak. Pantes keroncongan heti koes endang. Akhirnya saya bikin nasi goreng (lagi), kali ini pake TELOR CEPLOK TOTOLE. Dabest!

Besok saya akan ikut solat ied dan halal bihalal iedul adha di sini yang di inisiasi KMD, Keluarga Muslim Delft. Sempet nanya tadi sama Saska,

“Aduh aku ga bawa baju-baju kerudungan”
“Pake mukena aja dari rumah…”
“…”

Terus saya ngebayangin saya jalan dari apartemen ke masjid yang jaraknya agak jauh itu pake mukena. Kaya ibu-ibu di komplek kalo lagi musim taraweh, jalan dari rumah ke masjid komplek pake mukena. Suka bikin kaget apalagi kalo jalannya deket pohon gede.

Coba diklik gambarnya, pliss.

Akhir kata, sebelum menyudahi cerita hari ini, izinkan saya membagi dua foto highlight of the day :)

Sampai besok!

Kejadian Ikutan Paska Pemberian ImunisasiE

Tepat pukul 22:00, masih terang, lucu baru pertama kali ngalamin jam 10 malem masih terang 🫠